10.27.2009

Bagaimana pengalaman Vania berlomba ?


Lomba LCT MIPA berlangsung pada hari Jumat,23 Oktober 2009 dan diselenggarakan di SDK 5 BPK Penabur Bandung

Saya berlomba dibantu oleh 2 teman yaitu Jonathan Valentinus Sunarja dan Yonatan Madisetyo Bagasworo.
Babak pertama adalah penyisihan. Ada 14 kelompok yang bertanding dan 2 diantaranya adalah tim dari SDK Yahya. Pada babak pertama kita harus mengerjakan 100 soal, 80 soal Matematika dan 20 soal IPA, dan kami diberi waktu 2 jam.
Pada soal Matematika cukup susah, tetapi kami mengerjakan semampu mungkin. Soal yang tidak bisa kami kosongkan. Kami yakin masuk final, karena dari 14 tim, 9 tim yang masuk final. Ternyata dua tim dari SDK Yahya masuk final.
Pada keesokan harinya, yaitu hari Sabtu, 24 Oktober 2009, kami mengikuti final. Pada babak final, kami berlomba secara “moving class” yaitu kami berpindah-pindah kelas atau berpindah-pindah pos.
Jadi saat lomba dimulai, kami diberi kunci awal untuk masuk ke salah satu pos. Di dalam pos itu ada dua meja, meja pertama adalah meja soal. Soal akan dikerjakan jika bel yang berbunyi sekali berdentang. Kita mengerjakan soal dalam 4 menit, jika waktunya habis atau bel berdentang 2 kali, kita harus berpindah ke meja kedua, yaitu meja sandi.
Kita harus memecahkan sandi tersebut, sandi tersebut berisi nama pos yang harus kita kunjungi selanjutnya. Jika kita berhasil memecahkan sandi dalam waktu 3 menit atau kurang, kita akan mendapatkan kunci biru yang bertuliskan nama pos tersebut dan nomor kelompok kita. Tetapi jika kita tidak berhasil memecahkan sandi, kita akan diberi kunci merah dan nilai kita akan dikurangi.
Untungnya kami mendapatkan kunci biru semua, tetapi saat mengerjakan soal Matematika cukup sulit dan ada beberapa soal IPA yang cukup sulit juga.
Lomba telah kami akhiri, kami sangat senang karena lomba telah usai. Pengumuman tentang juara LCT MIPA pun disebar, dan ternyata kami mendapatkan peringkat ke-tiga!! Lumayan lah…. Dan teman kami mendapatkan peringkat ke-satu!! Hebat ya… Selamat ya untuk Mathea, Audrey Wilona, dan Rifqi yang meraih peringkat ke-satu.
Itulah pengalaman saya dan teman-teman saat berlomba LCT MIPA. Sangat menyenangkan!!! Kami mendapatkan pengalaman baru dan kegembiraan. Walaupun sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti lomba ^^.

-TAMAT-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar